15 Perusahaan Asing di Indonesia yang Terus Berkembang

Share This Post

Perusahaan Asing di Indonesia

Kehadiran perusahaan asing di Indonesia jadi sebuah bukti bahwa iklim nasional memiliki nilai kompetitif serta potensi dalam pengembangan usaha. Selain itu, keberadaan perusahaan internasional di Indonesia juga memberi dampak positif terhadap meningkatnya lapangan pekerjaan.

Apa itu Perusahaan Asing?

Perusahaan asing adalah entitas bisnis yang beroperasi di suatu negara, tetapi kepemilikannya dimiliki oleh individu atau badan hukum dari negara lain. Perusahaan asing dapat bergerak di berbagai sektor ekonomi, seperti manufaktur, jasa, teknologi, atau perdagangan. Mereka dapat memiliki cabang, anak perusahaan, atau kantor perwakilan di negara tempat mereka beroperasi.

Perusahaan asing seringkali berinvestasi di negara-negara lain untuk memanfaatkan peluang pasar baru, sumber daya alam, tenaga kerja murah, atau untuk tujuan ekspansi global. Mereka harus mematuhi hukum dan peraturan setempat, serta membayar pajak sesuai ketentuan yang berlaku.

Perbedaan Perusahaan Asing dan Perusahaan Multinasional

Perbedaan antara perusahaan asing dan perusahaan multinasional adalah hal yang penting untuk dipahami. Perusahaan multinasional, meskipun memiliki akar yang berbasis di negara asalnya, telah berekspansi ke berbagai negara dan memiliki operasi yang luas di seluruh dunia. 

Mereka mendirikan anak perusahaan atau cabang di banyak negara dan seringkali memiliki operasi yang terdiversifikasi di berbagai sektor ekonomi. Perusahaan asing, di sisi lain, mungkin hanya beroperasi di satu negara selain negara asalnya dan mungkin lebih terbatas dalam ruang lingkup operasionalnya. Mereka umumnya kurang terdiversifikasi dibandingkan perusahaan multinasional yang memiliki jaringan global yang luas.

Read More: 8 Cara Mengisi Deskripsi Data Perusahaan Di OSS

Apa Manfaat Perusahaan Asing bagi Indonesia?

Perusahaan asing membawa sejumlah manfaat bagi Indonesia. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Investasi dan Penciptaan Lapangan Kerja

Perusahaan asing seringkali membuka pabrik, kantor, dan fasilitas di Indonesia, yang berarti mereka menginvestasikan modal dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat. Ini dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

2. Transfer Teknologi dan Pengetahuan

Ketika perusahaan asing beroperasi di Indonesia, mereka sering membawa teknologi dan pengetahuan baru yang dapat diterapkan dalam industri lokal. Ini dapat meningkatkan kemajuan teknologi dan kualifikasi tenaga kerja di negara tersebut.

3. Meningkatkan Ekspor dan Ekonomi Nasional

Kerjasama dengan perusahaan asing dapat membantu Indonesia meningkatkan ekspor produk lokalnya ke pasar global. Ini berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional dan pembangunan industri di dalam negeri.

Apa Keuntungan Berinvestasi di Indonesia?

Berinvestasi di Indonesia dapat memberikan berbagai keuntungan bagi perusahaan asing maupun investor internasional. Beberapa dari keuntungan berinvestasi di Indonesia meliputi:

1. Pasar yang Besar

Indonesia memiliki salah satu populasi terbesar di dunia, sehingga pasar konsumen yang besar dan beragam tersedia untuk produk dan layanan.

2. Sumber Daya Alam

Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam seperti minyak, gas alam, batubara, dan tambang lainnya, yang menawarkan peluang investasi dalam sektor energi dan pertambangan.

3. Lokasi Strategis

Letak geografis Indonesia yang strategis membuatnya menjadi pintu gerbang penting untuk perdagangan internasional, terutama dalam konteks Asia Tenggara.

4. Kebijakan Investasi

Pemerintah Indonesia telah memperkenalkan berbagai insentif investasi dan kemudahan berusaha bagi perusahaan asing, termasuk berbagai jenis izin usaha dan perlakuan pajak yang menguntungkan.

Investasi di Indonesia dapat menjadi langkah cerdas bagi perusahaan asing yang ingin memanfaatkan peluang pertumbuhan ekonomi yang dinamis di negara ini.

Read More: Panduan Lengkap Kantor Perwakilan Perusahaan Asing (KPPA) Di Indonesia

10 Perusahaan Asing di Indonesia

InCorp memiliki daftar 10 perusahaan asing yang cukup terkenal di berbagai kalangan masyarakat.

1. Unilever

Unilever merupakan perusahaan dari Belanda yang melakukan ekspansi ke lebih dari 100 negara, termasuk Indonesia. Perusahaan asing di Indonesia ini berdiri pada tahun 1930-an.

Saat ini, Unilever memiliki kapitalisasi pasar sebesar $121,8 miliar terhitung pada Agustus 2022. Di Indonesia sendiri, Unilever telah berdiri sejak tahun 1933 di bawah nama Lever Zeepfabrieken N.V. Pergantian nama perusahaan menjadi PT Unilever Indonesia Tbk resmi dilakukan pada 1998 dan memiliki lebih dari 6.000 karyawan.

2. HM Sampoerna

Liem Seeng Tee yang merupakan imigran Cina datang ke Indonesia dan mendirikan perusahaan HM Sampoerna pada tahun 1913. Awalnya perusahaan rokok ini bersifat rumahan dan terus berkembang sebagai salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Di tahun 2005, Phillip Morris International membeli saham perusahaan ini sebesar 97. Hal tersebut membuat HM Sampoerna jadi salah satu perusahaan asing di Indonesia

3. Astra International

Astra International terkenal sebagai salah satu perusahaan asal Indonesia yang bergerak di banyak bidang. Mulai dari industri, layanan keuangan, hingga informasi teknologi. Namun, tahukah Anda jika Astra kini merupakan perusahaan asing di Indonesia?

Saat ini, Jardine Matheson merupakan salah satu shareholder dengan kepemilikan saham tertinggi di perusahaan. Konglomerat asal Inggris tersebut memiliki 50.1 persen saham di Astra Internasional. Namun, direksi perusahaan tetap dikelola oleh Prijono Sugiarto sebagai CEO.

4. Google

Meskipun Singapore merupakan kantor pusat Google di Asia, perusahaan raksasa di dunia teknologi ini memiliki kantor cabang di Indonesia. Berlokasi di Kebayoran Baru, pendirian kantor cabang ini dilakukan demi mengatasi masalah perpajakan yang juga bisa Anda jadikan acuan untuk meningkatkan keuntungan dalam menjalankan perusahaan.

5. Marriott International

Sebagai perusahaan di bidang perhotelan, Marriot International merupakan nama yang sangat populer dan telah memiliki cabang di lebih dari 100 negara. Sebagai perusahaan asing di Indonesia, Marriot International menawarkan beragam layanan hotel, mulai dari akomodasi mewah hingga fasilitas dengan ramah biaya sesuai kebutuhan.

6. Maybank

Memiliki 45,000 karyawan dari 2.400 kantor yang berada di 20 negara, Maybank merupakan salah satu bank terbesar di Asia Tenggara. Hal tersebut terlihat dari kapitalisasi pasar dan aset yang ada pada perusahaan luar negeri di Indonesia satu ini sebagai salah satu perusahaan penanaman modal asing (PMA) atau PT PMA.

7. Medco Energi

Minyak dan gas merupakan salah satu industri besar dan stabil di Indonesia; Medco Energi merupakan pemain utama dalam industri tersebut. Encore Energy Pte Ltd. merupakan pemilik saham terbesar dengan persentase 50.7 persen sehingga membuat Medco Energi sebagai perusahaan asing di Indonesia.

8. Toyota

Toyota tetap lanjut berkembang di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan melalui penunjukkan presiden direktur lokal pertamanya pada bagian manufaktur. Kehadiran direksi lokal meningkatkan fokus perusahaan luar negeri di Indonesia ini untuk meraih pasar lokal sesuai kebutuhan.

9. L’Oreal

L’Oreal merupakan perusahaan luar negeri di Indonesia dengan dua divisi operasional. Perusahaan kosmetik asal Prancis ini memiliki divisi marketing dan distribusi. Selanjutnya, L’Oreal juga memiliki divisi yang berada di bidang manufaktur. membuat perusahaan ini memiliki kontrol penuh terhadap produk yang dijual di Indonesia.

10. Exxon Mobil

Untuk entitas bisnis lainnya yang punya reputasi yang kuat dalam industri minyak dan gas di dunia adalah Exxon Mobil. Di Indonesia sendiri, perusahaan ini telah berdiri lebih dari 100 tahun lalu dan berhasil stabil untuk memiliki pendapatan lebih dari ratusan miliar.

11. Adidas

Adidas terus memperluas keberadaannya di dunia, termasuk di Indonesia. Indonesia adalah salah satu pasar paling menjanjikan di Asia Tenggara. Perjalanan perusahaan ini di Indonesia dimulai pada tahun 1970-an, dan sejak saat itu, Adidas telah mengukuhkan posisinya di pasar aksesori olahraga negara ini.

12. Nestlé

Ekspansi Nestlé di Indonesia merupakan kisah keberhasilan yang luar biasa, didorong oleh komitmennya terhadap kualitas produk, pemahaman pasar, dan praktik berkelanjutan. Pertumbuhan berkelanjutan perusahaan ini dan dampak positifnya pada industri makanan Indonesia menunjukkan kemampuannya untuk beradaptasi dengan kebutuhan lokal dan berkontribusi pada pembangunan negara.

13. Samsung

Samsung Electronics, perusahaan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Korea Selatan, telah menciptakan dampak signifikan di Indonesia – salah satu pasar terbesar dan paling padat penduduk di Asia Tenggara. Pertumbuhan perusahaan ini di wilayah ini merupakan hasil dari investasi strategis, penawaran produk inovatif, dan dedikasi untuk memahami preferensi konsumen lokal.

14. Nike

Nike, Inc. adalah perusahaan multinasional Amerika yang terkenal yang mendesain dan menjual sepatu olahraga, pakaian, peralatan, dan aksesori. Perusahaan ini berhasil mengukuhkan kehadirannya di Indonesia, yang merupakan negara keempat terpadat di Asia Tenggara. Kesuksesan Nike di wilayah ini dapat dikaitkan dengan sejumlah pencapaian penting dan inisiatif strategis yang telah dilaksanakan selama bertahun-tahun.

15. Microsoft

Microsoft Corporation, perusahaan teknologi multinasional yang berbasis di Amerika Serikat, telah memberikan dampak substansial di Indonesia – salah satu pasar terbesar dan paling padat penduduk di Asia Tenggara. Keputusan perusahaan ini untuk berkembang di Indonesia didorong oleh investasi strategis, penawaran produk inovatif, dan dedikasi untuk memahami kebutuhan konsumen lokal.

Perusahaan Asing Di Indonesia

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

drop us a line and keep in touch